Mudik Unik Ala Lubang Jarum

Mudik Unik

Mudik Unik

 

12 Tahun Lubang Jarum

Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) lahir dari kekhawatiran akan hilangnya seni proses. Sayangnya peristiwa ini hanya bisa terasa di ranah imajinasi dan pendidikan yang hasilnya tidak berbentuk (intangible), sedangkan kebenaran umum termasuk pemerintah cenderung menghargai karya yang teraba dan terlihat (tangible). Padahal untuk mempertahankan Indonesia perlu modal semangat dan kesadaran kreatif yang membumi yang notabene tidak berbentuk.

Tapi saya yakin pada 17 Agustus 2014 nanti KLJI masih hadir di pelosok Nusantara. Meski terseok, aktivis KLJ masih mampu bertahan karena semangat 5jari telah mengakar dan masih membakar jiwa lebih 44 komunitas lubang jarum Indonesia. Semangat ‘membuat bukan membeli’ pun masih mampu memunculkan kreasi dan inovasi hybrid antara analog dan digital yang tentunya bakal menjadi senjata andalan yang berbeda di pasar global.

Perkawinan Yang Analog dan Yang Digital ini tidak lain adalah suatu pemahaman bahwa sesungguhnya sejak lahirnya, fotografi itu subyektif. Maka tidak perlu dipertentangkan antara fotografi purba dan fotografi modern, mengingat seni itu ada pada jiwa senimannya. Seperti halnya perasaan yang muncul saat orang pulang berlebaran di kampung halamannya adalah perasaan kembali ke dunia yang pernah dimukimi. mengingatkan mereka pada permainan masa kecilnya. Dengan memori itulah mereka menghadirkan ruang yang dimukimi itu kembali. Sepertinya pendokumentasian lubang jarum pada saat mudik bakal memunculkan fenomena seolah-olah kita membekas pada ruang-ruang purba yang unik.

Maka untuk ulang tahun KLJI yang ke 12, kita akan mencoba menghadirkan sebuah pameran dengan tema MUDIK UNIK.

Dokumentasikanlah kenangan masa kecil kita di kampung halaman kita…..

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.
Mohon maaf lahir dan bathin
Terimakasih atas kebersamaannya selama ini.
Semoga kerja kita bisa menhadirkan
aku yang ada

24 Juli 2014
Padepokan Lubang Jarum

Ray Bachtiar Dradjat

Advertisements

One thought on “Mudik Unik Ala Lubang Jarum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s