Apresiasi Cita Rasa Lubang Jarum di JMR 2018

Kurang lebih sekitar 1500 orang telah turut menyaksikan pameran Cita Rasa Rasa Lubang jarum dalam Perhelatan JMR 2018 yang terselanggara selama tiga hari di Jogja Nasional Museum. Jagongan Media Rakyat (JMR) adalah gelaran dua tahunan yang diprakarsai oleh Combine Resource Institution sejak 2010. JMR merupakan ruang pertemuan berbagai pihak untuk membahas isu-isu sosial kemasyarakatan dengan informasi sebagai mediumnya. Dengan semangat berkumpul, berbagi, bergerak, para partisipan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perubahan sosial yang lebih baik.lebih lanjut tentang jmr 2018 dapat diakses pada tautan ini

Cita Rasa Lubang Jarum

Proses penciptaan yang diracik dengan bumbu berupa rasa dan karsa untuk menyajikan imaji yang lezat untuk dinikmati bersama. Takaran komposisi rasa dan karsa pada sajian ini tidak akan sama antara satu dan lainnya. Penyajian dilakukan dengan berbagai macam varian alat bantu untuk menghasilkan sebuah maha karya.

Proses pembuatan maha karya dimulai dari kreasi meloloskan sejumah cahaya yang bisa melewati celah berdasarkan satuan waktu. Durasi tersebut dipengaruhi pula oleh keputusan penggunan media rekam imaji. Berapa lama waktu yang perlukan untuk membakar lapisan demi lapisan terpengaruhi pula pemahaman dan uji eksperimentasi pembuat karya.

Alat perekam dan Media rekam imaji pada pameran kali sangat bervariasi. Alat perekam dengan menggunakan bahan karton, kaleng, tripleks dan kayu. Untuk media rekam imaji menggunakan film negatif medium format dan kertas peka cahaya. Lokasi Proses perekaman imaji dilakukan di Pulau Sumatera dan Jawa.

Para pembuat karya pameran ini adalah Adnan, Brili, Irman, Ivan, Julius, Mudrik, Niki, Radit dan Wibi. Mereka melakukan terus berproses dan seringkali melakukan perekaman dalam perjalanannya.Pameran ini kelak akan memberikan aroma untuk perkembangan seni perekaman ala lubang jarum dan fotografi serta proses kreatif.

Pada hari terakhir pameran diadakan Workshop Lubang Jarum di era digital yang dipandu oleh Tim Klj jogja dan Pendiri Komunitas Lubang jarum Indonesia Ray Bachiar Dradjat

Dokumentasi Pameran

Dokumentasi Workshop

Terima kasih yang sebesar besarnya kami ucapkan kepada Combine dan para pengunjung Pameran. Sampai berjumpa dalam pameran berikutnya.

Sumber Foto : Tim KLJ Jogja dan FB Ray Bachtiar Dradjat

Advertisements

One thought on “Apresiasi Cita Rasa Lubang Jarum di JMR 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s